Cara Budidaya Semut Jepang dan Khasiatnya

responsive

Cara Budidaya Semut Jepang – Semut jepang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan di berbagai media. Awalnya, saya sempat mengalami kebingungan mengapa banyak sekali orang tertarik membudidayakan semut jepang. Ternyata, jenis semut satu ini mempunyai beberapa khasiat untuk pengobatan sehingga banyak diburu.

Dari fisiknya, semut ini mirip seperti kumbang dari pada semut pada umumnya. Jika diamati karakteristikya, secara umum dicirikan dengan warna hitam kecoklatan, tekstur tubuh keras dan berkaki enam. Terdapat sayap pada bagian tubuhnya sehingga menyerupai kumbang. Meski demikian, semut ini tidak mampu terbang sebagaimana hewan bersayap lainnya.

Budidaya Semut Jepang

Cara Budidaya Semut Jepang Agar Cepat Banyak

Dengan segala keunikan dan khasiat yang ditemukan padanya maka tak salah rasanya kita terjun ke dalam bisnis budidaya semut jepang. Jika anda ingin memulai budidaya semut jepang, terdapat cara beternak semut jepang yang perlu anda terapkan, anda juga bisa membaca artikel tentang cara budidaya lele yang kami ulas sebelumnya sebagai peluang bisnis.

Persiapan Serta Cara Ternak Semut Jepang

  1. Pertama, siapkan toples plastik apapun merk atau modelnya yang telah diberi lubang pada tutupnya yang akan difungsikan untuk ventilasi udara supaya semut tetap hidup.
  2. Selanjutnya, sediakan kapas, roti tawar secukupnya anda yang terpenting adalah semut jepang. Buatlah lubang pada tutup toples plastik tersebut lalu masukkan kapas hingga ¾ dari bagian toples. Sebaiknya jangan terlalu padat
  3. Lalu masukkan roti tawar sebagai sumber makanan kemudian masukan juga semut jepang yang akan dibudidayakan. Gantilah kapas jika warnanya sudah gelap.

Baca juga: Panduan Cara Budidaya Ikan Nila

responsive

Perawatan Budidaya Semut Jepang

Mengenai perawatan selanjutnya yaitu cukup dengan memberi makan setiap seminggu sekali dan makananya roti tawar sebanyak tiga potong kecil saja. Apabila makanan akan habis baru ditambahkan lagi. Jangan terlalu banyak memberi makan sehingga tempat semut jadi tidak leluasa. Sebagaimana disebut diatas jangan lupa untuk mengganti kapas apabila sudah tampak kotor dan berubah warna menjadi gelap.

Berdasarkan pengalaman yang telah saya peroleh dari cara budidaya semut jepang diatas, 10 ekor jumlah dari semut jepang bisa berkembang biak hingga menjadi 200an ekor hanya dalam waktu 2 bulan.

Mengenal Serta Memahami Manfaat Semut Jepang

Ciri-ciri Semut Jepang

Semut jepang memiliki ciri fisik yang berbeda pada semut lainnya dan lebih mirip dengan kumbang, binatang bersayap. Terlepas dari bagaimana bentuk keunikan yang terdapat padanya yang terpenting untuk diketahui dari semut jepang yaitu manfaat dari semut itu sendiri.

Manfaat Semut Jepang

Manfaat-manfaat yang dapat diambil dari semut jepang diantaranya guna menstabilkan kondisi gula darah khususnya bagi para penderita diabetes, mengobati penyakit asam urat, mengobati penyakit jantung, menstabilkan kolesterol dan memperkuat stamina tubuh. Dengan manfaat yang begitu luar biasa bagi kesehatan tentu usaha budidaya semut jepang sangat menarik sebagai peluang usaha seperti halnya cara budidaya jamur tiram sebagai usaha rumahan.

Cara Mengkonsumsi Semut Jepang Untuk Pengobatan

Mengetahui manfaat tanpa mengetahui cara mengkonsumsinya sama saja bohong. Jika anda ingin bergelut dengan budidaya semut jepang ada beberapa tahap mengkonsumsinya. Yang pertama masukkan sekumpulan semut jepang yang telah dipersiapkan ke dalam panci yang berisi air mendidih sekitar 15 menit. Setelah itu, angkat lalu tiriskan dan keringkan semut tersebut dengan tisu.

Masukkan semut tersebut ke dalam kapsul dimana tiap kapsulnya masing-masing berisi 2 hingga 3 ekor. Sebaiknya gunakanlah semut jepang yang masih segar tiap kali anda akan meminumnya. Yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah jangan menyimpan semut jepang yang telah berada di dalam kapsul selama lebih dari satu hari.

Cara Konsumsi Semut Jepang untuk Diabetes

Khusus bagi pengobatan diabetes, sebaiknya semut tersebut dikonsumsi dua kali dalam sehari hingga gula darah kembali stabil. Lakukan secara tertur dan konsisten sampai kondisi gula darah kembali normal.

Menarik: Cara Budidaya Jahe Merah di Polybag

Cara Konsumsi Semut Jepang untuk Asam Urat

Untuk mengobati asam urat konsumsi semut tersebut dua kali per hari hingga asam urat tersebut sembuh. Yang terpenting dalam mengkonsumsinya yaitu dengan berkonsultasi ke dokter sebelumnya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan. Dengan mengetahui cara konsumsi yang benar maka hasil yang didapatkan akan semakin baik.

Itulah sekilas yang dapat saya bagikan melalui artikel cara budidaya semut jepang sendir ini dan semoga anda dapat mengambil manfaat darinya.

responsive