Cara Alami Menghilangkan Bau Badan Tak Sedap

responsive

Inilah cara menghilangkan bau badan tak sedap menggunakan bahan alami namun efektif. Bau badan seseorang diakibatkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat. Keringat sendiri sebenarnya tidak menimbulkan bau, namun jika bercampur dengan bakteri, keringat dapat menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Bau badan umumnya berasal dari ketiak. Ketiak memang menjadi tempat favorit bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Keringat yang keluar di bagian ketiak membuat bakteri penyebab bau badan bertambah banyak. Bau badan dapat membuat kita dijauhi orang lain.

Ilustrasi bau badan – Img Via www.flickr.com/photos/brian-fitzgerald/3334353375/

Menyemprotkan parfum untuk mengatasi bau badan bukanlah cara yang tepat dalam mengatasi bau badan. Parfum yang bercampur dengan keringat justru memunculkan aroma yang benar-benar tidak enak. Masih mending jika kita menggunakan deodorant setiap kali sehabis mandi. Gunakan deodorant khusus anti prespirant jika Anda termasuk orang yang cenderung mengeluarkan banyak keringat. Deodorant tersebut dapat menyerap keringat sehingga meminimalkan bau badan. Jika dengan deodorant bau badan Anda belum juga hilang, Anda bisa mencoba beberapa tips menghilangkan bau badan tradisional di bawah ini.

(Baca juga: Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Alami dan Efektif)

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Bahan Alami

Menggunakan Tawas

responsive

Salah satu cara yang patut anda coba yaitu dengan menggunakan tawas biasanya menjadi cara pertama yang disarankan banyak orang. Sayangnya tidak semua orang mengetahui seperti apa tawas itu. Tawas juga tidak mudah didapat karena hanya bisa ditemukan di pasar tradisional. Caranya pun cukup mudah yaitu hanya dengan menggosokan tawas pada ketiak secara teratur setiap kali anda mandi.

Menggunakan Cengkeh

Jika ingin menggunakan bahan yang lebih mudah di dapat maka anda bisa gunakan cengkeh. Cengkeh merupakan rempah asli Indonesia yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Rendam beberapa butir cengkeh dalam air hangat matang hingga mengembang. Minum air rendaman cengkeh tersebut. Jika kurang suka rasa pahitnya, tambahkan sedikit gula atau madu. Oleskan sisa air rendaman cengkeh ke bagian ketiak lalu diamkan sebentar. Bilas dengan air dingin.

Menggunakan Mentimun dan Kapur Sirih

Mentimun juga bisa digunakan untuk mengatasi bau badan dan keringat berlebih. Potong mentimun tipis-tipis oleskan di ketiak setelah mandi. Anda bisa juga menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan. Potong jeruk nipis tipis-tipis lalu taburi permukaannya dengan sedikit kapur sirih kemudian oleskan pada ketiak. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih. Jika cara menghilangkan bau badan dengan jeruk nipis ini dilakukan secara ini setiap kali selesai mandi, tidak hanya bau badan kita hilang, namun juga kulit ketiak bisa menjadi lebih putih.

Menggunakan Jahe

Jahe yang sering kita gunakan dalam masakan atau sebagai minuman hangat ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi bau badan. Minum air jahe secara teratur dua kali sehari. Air jahe bisa diminum dalam keadaan hangat maupun dingin. Sebaiknya tidak menggunakan pemanis, namun jika tak tahan dengan rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu. Selain itu, gosokkan parutan jahe ke permukaan kulit ketiak sebagai cara menghilangkan bau badan.

(Baca juga: Ketiak Hitam? Ini Cara Memutihkan Ketiak Dengan Bahan Alami)

Itulah beberpa cara yang patut anda coba, namun tetap perlu diperhatikan jangan lupa untuk selalu mandi secara teratur dua kali sehari. Berbeda dengan orang-orang yang tinggal di daerah utara, bagi kita yang tinggal di negara tropis, mandi dua kali sehari cukup penting karena kelembaban udara yang sangat tinggi dapat membuat kita banyak berkeringat sehingga bakteri mudah berkembang biak. Cara diatas tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan apabila Anda tidak rajin membersihkan diri. Selain itu, kenakan pakaian dengan bahan yang tepat untuk daerah tropis. Bahan katun jauh lebih baik karena dapat menyerap keringat. Sebaliknya hindari bahan-bahan pakaian seperti wool, rayon atau polyester karena tidak menyerap keringat.

responsive