Cara Efektif Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak dan Dewasa

responsive

Bagaimanakah cara menghilangkan kutu rambut yang efektif? Kutu rambut yang berkeliaran di kulit kepala menjadi suatu hal yang sangat menjengkelkan. Kulit kepala terasa sangat gatal dan panas akibat gigitan-gigitan kutu. Hal ini harus segera diatasi mengingat perkembangbiakan kutu rambut sendiri yang sangat cepat. Apabila tidak segera diatasi, kulit kepala akan semakin terasa gatal dan panas. Tidak hanya kutu, namun telur-telur kutu yang berwarna putih akan tampak menonjol di antara rambut yang umumnya berwarna gelap. Tentu saja, orang lain akan dengan mudah melihat bahwa kulit kepala kita berkutu. Mereka akan menghindari kita karena kutu rambut sangat mudah menular.

Rasa gatal cenderung membuat kita menggaruk kulit kepala, padahal kulit kepala jauh lebih tipis dibandingkan kulit di bagian lainnya. Apabila kita menggaruk dengan keras, ada kemungkinan kulit kepala menjadi luka. Luka pada kulit kepala akan mudah terinfeksi sehingga menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Kuman yang masuk ke dalam luka bisa jadi menimbulkan penyakit lainnya yang jauh lebih parah. Ini mengapa kita membutuhkan cara efektif menghilangkan kutu rambut yang tepat agar semua kutu dan telurnya dapat dibasmi dan tidak akan kembali lagi.

Kutu Rambut di kepala – img via Commons Wikipedia

Cara Menghilangkan Kutu Rambut pada Anak

Anak-anak cenderung target yang paling sering terkena kutu rambut. Apabila seorang anak terkena kutu rambut, ia akan dengan cepat menulari teman-temannya. Padahal kita tahu anak-anak berinteraksi dengan intens di sekolah dan tempat-tempat bermain. Ini membuat anak-anak rentan sekali mendapatkan masalah kutu rambut. Dalam menghilangkan kutu rambut pada anak juga tidak menjadi lebih mudah karena walaupun kutu sudah dibasmi, namun apabila anak kembali bermain lagi dengan teman-temannya yang memiliki kutu, ia akan terkena lagi. Oleh karena itu menghilangkan kutu rambut harus sangat teliti.

Umumnya orang tua memberikan obat anti kutu yang banyak dijual di pasaran. Sayangnya kulit anak yang sensitif cenderung bereaksi terhadap obat-obatan kimia tersebut. Selain itu, obat anti kutu biasanya harus didiamkan semalaman setelah dioleskan ke kulit kepala. Beberapa anak mungkin merasa terganggu tidurnya karena harus mengenakan alas kepala agar obat kutu di rambutnya tidak menempel ke mana-mana. Mengingat ada kemungkinan anak alergi pada obat kimia, cara alami menghilangkan kutu rambut pada anak-anak sebaiknya menggunakan bahan-bahan alami yang lebih aman bagi kulitnya. Simak bahan alaminya dibawah ini, selain untuk anak-anak bahan ini juga c ocok digunakan untuk orang dewasa.

responsive

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami dan Mudah

1. Bawang Merah

Cara pertama untuk menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan alami yaitu dengan memanfaatkan bawang merah. Oleskan potongan bawang merah ke seluruh kulit kepala hingga merata dan diamkan semalaman. Bawang merah memiliki aroma khas yang kuat. Aroma ini sangat tidak disukai oleh kutu. Kutu-kutu dapat mati seketika jika menghirup uap yang keluar dari bawang merah, begitu pula kutu-kutu yang masih ada di dalam telurnya akan mati sebelum menetas. Oleh karena itu, bawang merah merupakan pilihan alami dalam menghilangkan kutu rambut dan telurnya secara tuntas. Satu-satunya kekurangan dari cara ini adalah bau bawang merah mungkin melekat pada rambut. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan shampoo yang beraroma harum.

2. Minyak Kelapa

Cara selanjutnya dalam mengatasi kutu rambut juga bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa juga menjadi salah satu obat alami yang dapat membasmi kutu rambut hingga ke telur-telurnya. Oleskan minyak kelapa ke seluruh bagian kulit kepala dan rambut hingga rata, tutup dengan handuk dan biarkan semalaman. Kutu-kutu akan menjadi dehidrasi dan lama kelamaan mati dengan menerapkan cara alami ini.

3. Jeruk Nipis dan Minyak Kayu Putih

Masih menggunakan bahan alami, dalam membasmi kutu rambut selanjutnya kita akan menggunakan perpaduan antara air perasan jeruk nipis dan minyak kayu putih. Caranya cukup mudah anda hanya perlu membuat cairan jeruk nipis dan minyak kayu putih sebanyak satu dibanding satu. Selanjutnya oleskan campuran yang anda buat tadi secara merata kerambut sambil melakukan pijatan. Apabila disara sudah merata maka tutup rambut dengan menggunakan penutup rambut berbahan plastik yang memang tersedia untuk menutup kepala beserta rambutnya. Namun bila tidak ada maka bisa menggunakan handuk kering. Diamkan dalam kondisi tersebut selama kurang lebih 2 – 3 jam kemudian bilas dengan air bersih dan shampo.

4. Cuka Putih

Apabila dirasa mengalami kesulitan dengan bahan lainya tadi maka anda bisa mencoba mengatasi kutu rambut dengan memanfaatkan cuka putih. Cara pun tidak terlalu sulit bahkan bisa dikatakan hampir sama dalam penggunaanya dengan bahan di atas. Anda hanya perlu mengolesi rambut dengan cairan cuka putih sambil dipijit. Tutup dengan penutup kepala, kemudian biarkan rambut yang sudah di oles tadi selama hampir 2 – 3 jam. Jangan lupa untuk membilas dengan menggunakan shampo agar bersih.

Demikian adalah cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami yang bisa digunakan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Selain murah meriah bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah dijumpai. Dengan mengaplikasikan cara ini anda tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan seperti hanyan ketika menggunakan bahan kimia.

responsive