Ini Cara Mengusir Semut yang Ampuh dan Efektif

responsive

Cara mengusir semut yang alami, ampuh, dan efektif. Permasalahan yang sering mengganggu kenyamanan sebuah rumah selain masalah tikus dan permasalahan kecoa  ternyata semut juga kadang menjadi salah satu masalah. Semut jika hanya satu atau dua saja sih masih tidak masalah. Namun ketika jumlah mereka semakin banyak maka akan mulai mengganggu kenyamanan.

Apalagi jika mereka mulai melakukan ekspansinya menyerang makanan dan gula. Maka akan mengganggu dan membuat kita semakin jengkel. Biasanya jenis semut merah suka menyerang makanan berupa lauk, ikan, dan makanan lainnya. Sedangkan jenis semut hitam meyerang yang manis-manis seperti gula, minuman manis yang terbuka tutupnya, dan makanan manis lainnya.

Maka ketika permasalahan tersebut menyerang biasanya seseorang akan mulai berfikir bagaimana cara mengusir semut-semut tersebut?.

Koloni Semut – Wikipedia.org

Kemudian terbesit untuk membeli obat anti semut yang sudah banyak dijual di pasaran. Biasanya obat tersebut cenderung berhasil mengatasi semut. Namun akan menjadi masalah jika kita memiliki anak kecil yang suka memegang-megang sembarangan.

responsive

Cara Mengusir Semut Secara Alami

Apa jadinya jika mereka pegang obat semut yang sudah di tabur kemudian memasukannya ke mulut mereka. Secara obat yang digunakan mengusir semut itu terbuat dari bahan kimia yang bisa saja berbahaya jika masuk ke dalam tubuh.

Menarik lainnya:

Jika sudah demikian pilihan selanjutnya jatuh pada cara alami mengusir semut. Cara tersebut tentunya tidak menggunakan bahan berbahaya melainkan bahan-bahan alami yang sangat tidak disukai oleh semut. Berikut bahan-bahan yang bisa dugunakan.

Usir Semut dengan Daun Sirih

Daun sirih acap kali dijumpai sebagai bahan susur (yang dikunyah-kunyah) oleh orang tua jaman dulu. Biasanya digunakan agar gigi awet. Ternyata daun tanaman yang satu ini juga mampu mengtasi masalah semut di rumah. Anda hanya perlu menggunakan beberapa lembar daun yang diremas hingga mengeluarkan aroma. Aroma tersebut sangat dibenci oleh para semut sehingga mereka akan menjauhi area yang terdapat remasan daun sirih.

Mengatasi Semut dengan Bubuk Kopi

Jika kita para manusia umumnya menyukai kopi maka tidak demikian halnya dengan semut. Para semut sangat tidak suka dengan yang namanya kopi terlebih yang berupa bubuk. Cara mengusir semut menggunakan bubuk kopi ini cukup mudah. Hanya dengan menaburkan bubuk kopi pada area yang kita inginkan agar tidak dijamah semut maka mereka akan menjauhinya. Selain itu bisa juga di taburkan di sarang semut agar mereka kabur selamanya.

Mengusir Semut dengan Mentimun

Ada fakta menarik yang perlu anda ketahui seputar semut. Umumnya serangga yang berkoloni ini sangat tidak suka dengan yang namanya mentimun. Maka dengan menempatkan potongan mentimun pada sarang semut akan membuat mereka pergi. Bisa juga dengan meletakkanya di jalur semut berlalu lalang mentumun yang diblender.

Basmi Semut Menggunakan Garam

Cara mengusir semut selanjutnya yaitu memanfaatkan salah satu bahan dapur yaitu garam. Rasa garam yang asin sangat mengganggu semut sehingga mereka akan menghindarinya. Cara menggunakan garam untuk mengusir semut bisa dengan di campur dengan air hangat dan disemprotkan ke sarang semut atau area yang ingin agar dijauhi semut.

Cara Mengusir Semut Dengan Bahan Disekitar

Selain bahan alamin diatas masih ada beberapa bahan di sekitar kita yang juga bisa kita manfaatkan untuk mengusir semut. Pastinya bahan-bahan ini cukup aman dan ampuh untuk membasmi semut di sekitar kita.

Mengusir Semut dengan Sabun

Yups, cara mengusir semut selanjutnya ini memang sedikit unik. Kita memanfaatkan sabun yang biasa kita buat mandi. Caranya cukup mudah kitya bisa menyemprotkan sabun yang di campur air pada sarang semut. Bisa juga dengan mengoleskan sabun pada area yang sering di datangi semut. Lapisan lilin pada sabun akan membuat semut dehidrasi dan mereka tidak menyukainya.

Usir Semut Dengan Baking Soda

Mungkin anda sudah mengetahui bahwa setiap koloni semut memeiliki aroma berbeda dari koloni lainnya. Nah setiap koloni akan menghindari aroma koloni lain yang menandakan itu daerah kekuasaan mereka. Baking soda akan memanipulasi aroma tersebut sehingga semut akan mengira bahwa area tersebut telah dikuasai. Sehingga mereka akan mengindarinya.

Mengusir Semut Dengan Parfume

Semut juga sangat sensitif dengan yang namanya aroma menyengat seperti aorma parfume. Mereka memilih untuk meninggalkan tempat yang memiliki bau menyengat dari parfum. Cara mengusir parfum menggunakan parfume ini bisa memanfaatkan kapas sebagai media penyimpan aroma. Semprotkan parfum pada kapas yang dibuat bulat-bulat sehingga aroma lebih tahan lama. Letakan pada tempat yang ingin dijauhi semut, selamat mencoba.

 

responsive