Cara Menghitung Masa Subur, Cek Online Disini

responsive

Mengetaui masa subur seorang wanita sangat penting bagi pasangan. Terutama mereka yang memiliki program kehamilan ataupun untuk menjalankan program KB kalender. Karena masa subur seorang wanita sangat menentukan kehamilan mereka.

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghitung masa subur. Ada dengan menggunakan kalender, lendir mulut rahim dan masih banyak lainnya. Dengan mengetahui masa subur anda, selain itu anda bisa menentukan masa ovulasi yang tepat supaya lebih cepat hamil atau menunda kehamilan.

Cara Menghitung Masa Subur

Ilustrasi Kalkulator Masa subur wanita

Menghitung masa subur memang bisa dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu cara yang kita bahas adalah dengan kalender siklus masa subur itu sendiri. Ada cara kalkulasi yang bisa anda tempuh dibawah nanti, tetapi kami akan menghadirkan alat hitung masa subur secara online langsung di bawah ini.



responsive
#nextstart,#nextend,#duedate{font-weight:bold}select{color:#939191}#duedate,#duedate1,#duedate2,#duedate3,#duedate4,#duedate5,#duedate6{color:#008eaa}

Kalkulator Masa Subur Online

Masukkan data pada formulir di bawah ini untuk membantu menentukan masa subur/masa ovulasi anda. Contoh input tanggal pada form di bawah yaitu (15/06/2015) tanpa tanda kurung.

Hari pertama saat mens terakhir anda:(Tanggal/bulan/tahun)

Rata-rata siklus haid: 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40 41 42 43 44 45 46 47 48 49 50 

Masa subur anda diperkirakan sampai . Apabila terjadi kehamilan pada masa itu, maka perkiraan tanggal melahirkan Anda adalah pada .


Lihat juga hasil masa subur anda 6 bulan kedepan.

MASA SUBUR PERKIRAAN PERSALINAN

Rumus Masa Subur Sesui Siklus Menstruasi

Menghitung masa subur biasanya menggunakan siklus menstruasi atau dengan menggunakan kalender. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan sudah banyak dilakukan oleh semua orang. Jika anda mempunyai siklus menstruasi yang selalu tetap setiap bulannya, ini akan lebih mudah untuk anda menghitungnya. Berarti masa subur anda sekitar hari 10 sampai 16 setelah menstruasi. Masa subur anda akan meningkat kurang lebih sekitar hari ke 13.

Menghitung Masa Subur Bagi Mereka Yang Memiliki Siklus Tetap

Misalnya pada bulan ini hari terakhir anda menstruasi adalah tanggal 7. Berarti anda mempunyai masa subur antara tanggal 17 sampai tanggal 23. Sedangkan untuk masa paling tinggi untuk masa suburnya sekitar tanggal 23. Cara ini, digunakan untuk anda yang mempunyai jadwal menstruasi yang selalu tetap setiap bulannya. Buat anda yang mempunyai masa subur yang tidak tetap. Anda tak perlu khawatir, anda juga bisa tetap menghitungnya dengan kalender atau masa menstruasi berikut ini.

Cara Menghitung Masa Subur Bagi Wanita Dengan Siklus Tidak Tetap

Cara ini cocok bagi wanita yang tidak mempunyai masa menstruasi yang tidak tetap. Anda bisa menghitung tanggal setiap anda menstruasi setiap bulannya. Minimal enam bulan masa menstruasi. Untuk menghitung masa suburnya. Anda bisa mengambil hari menstruasi yang paling pendek dikurangi 18 sampai hari yang paling panjang siklusnya dikurangi dengan 11. Cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk menghitung masa subur anda.

Misal pada bulan pertama siklus haid 30, bulan kedua 28, bulan ketiga 27 bulan keempat 30, bulan kelima 31, dan bulan ke enam 29. Jadi anda ambil bulan ke tiga dikurangi 18, berarti 27 dikurangi 18 sama dengan 9. Siklus terpanjang dikurangi 11 yaitu 31 dikurangi 11 sama dengan 20. Jadi masa subur anda sekitar tanggal 9 sampai tanggal 20. Cara mengetahui masa subur ini cukup baik untuk anda yang mempunyai siklus haid yang tidak teratur setiap bulannya.

Tanda-tanda lain untuk mengetahui cara menghitung masa subur adalah dengan memperhatikan lendir di sekitar mulut rahim. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya hormone estrogen dalam tubuh. Selain itu akan merasakan nyeri di sekitar perut bawah. Tetapi rasa sakit ini tidak semua wanita merasakannya. Oleh karena itu harus di perhatikan dengan baik-baik. Buat anda yang sedang melakukan program kehamilan. Bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

responsive