3 Cara Mudah Menghilangkan Kandungan Formalin di Makanan Sebelum di Masak

responsive

Cara menghilangkan kandungan formalin pada makanan yang kemungkinan mengandung formalin. Dengan cara melakukan deformalinisasi alias menghilangkan kandungan formalin dengan cara mudah dan murah. Sehingga akan mengurangi resiko memakan makanan berformalin.

Sudah sering terdengar kabar bahwa saat ini banyak makanan mengandung formalin yang beredar dipasaran. Isu seperti ini sering menyeruak kemudian menghilang dan tiba-tiba ramai kembali lalu sepi lagi.

Meski demikian kita tidak boleh mengabaikannya, kita harus tetap waspada karena formalin ini sangat tidak dianjurkan masuk kedalam tubuh. Apalagi dalam jumlah besar yang tidak bisa ditoleransi tubuh.

responsive

Apa Sih Manfaat Formalin?

Formalin ini biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan agar tidak mudah rusak. Tujuannya digunakan untuk industri seperti pengawetan triplek, kain, karpet, busa, obat pembersi lantai, dan lain-lain. Selain itu juga digunakan untuk mengawetkan mayat dan bangkai agar tidak cepat busuk. Sehingga banyak disalah gunakan.

Apa Bahaya Formalin dan Pengawet Jenis Karsiogenik Bagi Tubuh?

Apabila formalin masuk kedalam tubuh dalam porsi besar misalya termakan atau terminum secara langsung akan berdampak pada kematian. Sifat sifat kasinogenik pada formalin merupakan pemicu sel kanker. Dampak jangka panjang lainnya yaitu membuat DNA melaukan mutasi.

Penggunaan Formalin Pada Makanan

Pada makanan biasanya formalin ini isunya paling ramai digunakan untuk mengawetkan makanan berupa ikan, daging, ayam, tahu, mie, dan lain-lain agar tidak mudah busuk. Sehingga kemungkinan kita untuk mengkonsumsi makanan berformalin sangat besar.

Cara Menghilangkan Kandungan Formalin pada Makanan

Walaupun begitu ada cara menghilangkan formalin pada makanan sebelum dimasak. Sehingga kandungan formalin akan berkurang bahkan hilang. Cara yang bisa anda tempuh juga cukup sederhana dan mudah dilakukan.

Menghilangkan Kandungan Formalin pada Ikan Asin, Daging, dll

Jika anda merasa tidak yakin ikan yang anda beli bebas formalin dan ingin menghilangkannya, maka anda bisa melakukan perendaman pada tiga jenis treatment merendam yaitu dengan Air, Air Garam, Air Leri (air bekas cucian beras).

Melakukan perendaman dengan air dalam waktu 60 menit akan menghilangkan 61,25% kandungan formalin. Sedangkan merendam dengan air bekas cucian beras (leri) bisa menghilangkan kadar formalin mencapai 66,03%. Apabila anda merendam dengan air garam akan menghilangkan sebanyak 89,53%.

Walaupun hasinya tidak 100% hilang, ini lebih baik daripada tidak sama sekali.

Menghilangkan Kadar Formalin pada Mie (mie basah/mie ayam/dll)

Bagi anda yang suka membeli mie basah dan sejenisnya agar terhindar dari kandungan fromalin bisa mencoba cara ini. Anda bisa merendam Mie tersebut dalam air mendidih selama 30 menit. Cara ini akan mampu menghilangkan kandungan formalin mencapai 100%

Cara Menghilangkan Kandungan Formalin pada Tahu

Agar anda terhindar dari mengkonsumsi tahu berformalin maka cara ini bisa meminimalisir hal itu. Anda bisa merendam dengan air biasa, merebusnya dengan air panas sebelum digoreng. Cara ini paling efektif untuk treatment tahu dan sangat di anjurkan.

Bahkan menurut penelitian seorang dosen di sebuah universitas, ia berpendapat bahwa untuk mengurangi kandungan formalin pada makanan sebelum di olah hanya cukup merendamnya saja dengan air (dengan konsentrasi 55%). Karena menurutnya formalin ini memiliki karakter yang mudah larut.

Selain itu ternyata formalin ini memiliki titik didih yang rendah. Artinya dalam keadaan panas zat ini akan mudah menguap. Misalnya saja di goreng maupun direbus.  Demikian pembahasan tentang cara menghilangkan kandungan formalin pada makanan saat mentah.

responsive