Cara Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula, Kolam Terpal dan Biasa

responsive

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk di budidayakan. Anggapan ini tentunya tak terlepas karena ikan jenis lele ini termasuk ikan yang tidak terlalu sulit dalam hal perawatan. Maka budidaya lele bisa anda lirik sebagai salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak bisa di anggap remeh.

Terlebih lagi jika anda mengetahui tips dan cara budidaya ikan lele yang baik dan benar. Pastinya pembudidayaan lele anda akan memberikan hasil yang anda dapat akan lebih menguntungkan karena ikan lele anda akan lebih sehat dan panen pun bisa berlipat ganda.

Maka jika anda memang ingin bergelut dibidang ini sebaiknya perhatikan tips yang akan kami bahas. Tips dan cara ini sangat cocok untuk anda yang masih baru soal ternak ikan lele. Dalam membudidayakan lele tentunya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sehingga budidaya ikan lele anda akan mendapatkan hasil maksimal.

Via Wikipedia.org

Hal-hal Penting dalam Budidaya Ikan Lele

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika bertekad menjalankan bisnis budidaya ikan lele:

responsive

1.) Pemilihan Bibit Lele

Hal utama yang perlu anda perhatikan dalam budidaya ikan lele adalah pemilihan bibit ikan lele. Bibit merupakan sesuatu yang penting yang akan mempengaruhi hasil panen anda saat waktunya panen. Bibit ini akan berpengaruh pada kualitas ikan, kesehatan atau daya tahan ikan, hingga perkembangan ikan nantinya. Pastikan anda mendapatkan bibit kualitas unggulan, karena tidak semua ikan memiliki daya kembang dan daya tahan tubuh yang baik saat berada didalam kolam.

a. Anda bisa membeli bibit ikan lele dari tempat pembudidayaan lele yang resmi dan bersertifikat

Sebisa mungkin membeli bibit di tempat pembibitan yang memang sudah mengantongi ijin resmi dan bersertifikat. Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah profesionalitas. Karena jika perusahaan pembibitan yang serius pastinya akan memiliki ijin resmi sebagai legalitas mereka dan merupakan bukti keseriusan mereka.

b. Dalam memilih bibit perhatikan gerakan bibit ikan

Saat anda mencari bibit lele berkualitas tentunya terdapat tanda-tanda fisik pada bibit seperti bentuk tubuh yang sehat dan gerakan fisik yang gesit yang mengindikasikan kesehatan dan kualitasnya. Pastikan bibit yang anda bilih benar-benar baik dan tidak cacat, warna sungut lele tidak pucat, tidak mengambang dan bergerombol. Lele yang sehat akan senantiasa aktif bergerak dan lele yang cenderung diam mengindikasikan ada hal yang tidak norma pada kesehatannya.

c. Perhatikan ukuran bibit

Bibit yang baik cenderung memiliki ukuran yang seragam. Artinya perkembangan bibit ikan antara satu dan yang lainnya rata. Jika ukuran tidak seragam misalnya ada yang ukuran besar dan yang lkainnya agak kecil maka termasuk kurang baik. Jika di gunakan sebagai bibit maka yang perkembangannya cepat akan menguasai kolam dan pakan dan yang kecil akan semakin terhambat. Bisa juga yang kecil ini termasuk bibit yang kurang berkualitas dan nantinya akan merugikan anda.

2.) Menentukan Ukuran Kolam dan Kapasitas Ikan yang Ditampung

Setelah pemilihan bibit, hal lain yang perlu anda perhatikan dalam budidaya ikan lele adalah memperhatikan jumlah ikan atau bibit dalam tiap kolamnya. Gunakanlah perbandingan saat mengisi bibit ikan lele didalam kolam. Perbandingan ini sangat penting untuk perkembangan ikan lele. Jika anda kurang jeli dalam perhitungan ini maka bibit akan mati atau perkembangnnya terhambat. Misalnya, memberikan terlalu banyak jumlah ikan pada tiap kolamnya. Untuk mempermudah dalam perbandingan pembudidayaan ikan lele, anda bisa mengambil ikan lele sebanyak 100 ekor per meter persegi luas lahan dengan kedalaman 1,5 meter.

Tips Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal 

Pada dasarnya budidaya ikan lele terpal ataupun di kubangan tidak jauh berbeda, bedanya hanya pada media saja. Untuk budidaya melalui terpal, anda bisa mempersiapkan terpal dengan ukuran sesuai dengan ukuran kayu yang anda inginkan usebagai medianya. Anda bisa mempersiapkan alat-alat untuk kolam terpal seperti papan, paku, kayu, kerangka besi, batu bata, kawat, hingga terpal. Untuk membudidaya ikan lele dengan terpal ini lebih praktis karena tempat ikan bisa anda buat tidak hanya di belakang rumah. Anda bisa membuatnya sesuai dengan keinginan anda. Sama halnya dengan budidaya di kolam konvesional pada umumnya, anda juga perlu menyesuaikan jumlah ikan tiap kolam sehingga ikan akan senantiasa sehat dan berkembang dengan baik.

 

Kelebihan Budidaya Lele di Kolam Terpal

Kelebihan budidaya ikan lele di terpal salah satunya yaitu, anda akan mendapatkan manfaat seperti mudah dalam penggantian air dan pengeringan sehingga air tetap dalam kondisi bersih. Selain itu, menggunakan media terpal sebagai sarana budidaya juga membuat anda lebih mudah untuk mendeteksi hama atau penyakit yang menyerang ikan anda. Dengan kata lain, anda akan lebih mudah memantau perkembangan budidaya ikan lele anda. Manfaat yang sangat menguntungkan lainnya dari penggunaan media terpal dalam ternak lele adalah kemudahan saat melakukan panen.

Nah cukup jelas bukan? maka, jika anda tertarik budidaya ikan lele, anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut diatas karena akan sangat berpengaruh pada hasil. Mengetahui dan mempelajari budidaya ikan mulai dari bibit hingga menentukan kolam yang dibuat untuk pemeliharaan sangat penting.  Saat ini sendiri budidaya ikan lele kolam terpal lebih digandrungi, karena menggunakan terpal lebih praktis dan lebih mudah, semoga bisnis anda sukses selalu… amin.

 

responsive